Motor Mogok Kena Banjir? Perlu Perhatikan Ini

Motor Mogok Kena Banjir (foto:okezone)
Motor Mogok Kena Banjir (foto:okezone)

Pada Pagi hari ini di beberapa ruas jalan Ibukota Jakarta terendam banjir. Banyak dari para pengendara mobil dan Motor yang tetap saja nekat melewati genangan air. Yang Terjadi malah kendaraan akhirnya mogok karena ketinggian genangan air yang ada.

Seperti yang dilansir okezone, Seorang Technical Service Training Development AHM yakni Sarwono Edhi, menjelaskan sepeda motor memang bukanlah kendaraan yang didesain untuk dapat melewati banjir. Akan tetapi jika memang terpaksa melewati genangan banjir, maka lakukan service dan juga pengecekan setelahnya.

Jika posisi air ternyata sudah melewati batas pijakan kaki atau pada mesin, dan ternyata air sudah masuk ke dalam mesin, usahakan untuk mendorong saja dan jangan sekali-kali mencoba dihidupkan. Setelah itu maka segera lakukan cek pada olinya, apakah warna oli sudah berwarna putih atau belum.

Jika ternyata oli motor anda sudah berwarna putih segeralah untuk melakukan pembersihan dengan menservice sepeda motor. jika oli sepeda motor anda sudah berwarna putih, disarankan untuk melakukan pengurasan oli dua kali. Yakni dengan cara menguras oli lama, kemudian isi dengan oli baru, lalu nyalakan mesin sekitar 10 menit saja, kemudian kuras lagi oli dan ganti dengan oli baru.

Sekedar Informasi tambahan Walaupun tidak disarankan, Jika sepeda motor terpaksa harus lewati banjir, maka usahakan posisi gas pada tingkat medium saja, Jangan terlalu tinggi apalagi terlalu rendah, karena hal itu nantinya akan membuat sepeda motor anda mogok dan juga bisa berakibat fatal. (chy)

Published by

Martin Muhammad Al Hilal

Penulis Berita dan Informasi Online Seperti tips, cara dan juga berbagai trik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *